TUYUL


Tuyul [bahasa Jawa: thuyul] dalam mitologi Nusantara, terutama di Pulau Jawa, Tuyul adalah makhluk halus berwujud anak kecil atau orang kerdil dengan kepala yang botak atau gundul. Penggambaran dari tuyul lainnya yang tidak di percayai semua orang adalah kulit berwarna keperakan. Tuyul sering di golongkan ke dalam mahluk halus yang bersifat sosial [dalam pengertian memiliki masyarakat dan pemimpin], suara dari mahluk tersebut biasanya sering di samkan dengan suara anak ayam.
Tuyul konon dapat di pekerjakan oleh manusia untuk alasan tertentu, terutama mencuri uang.
Seringnya kejadian-kejadian janggal di masyarakat yang terus menerus kehilangan uang di suatu daerah atau perkampungan menimbulkan dampak curiga terhadap kisah tuyul tersebut. Banyak cara dan upaya yang sebagian orang percaya untuk menangkal tuyul dengan cara memasang yuyu (Kepiting Batu) di sejumlah sudut rumah karena tuyul dipercaya menyukai yuyu sehingga ia lupa akan tugas yang dibebankan pemiliknya.
Kejadian tuyul dipercaya berasal dari janin seseorang yang keguguran atau bayi yang mati ketika lahir. Karena berasal dari bayi, karakter tuyul juga seperti anak-anak, gemar bermain seperti laporan dari beberapa sumber yang mengaku pernah melihat sejumlah tuyul bermain pada tengah malam.