Phoenix

pictures of elfwood.com (Foniks)
 Foniks (bahasa Latin: Phoenix) - tak dapat kita pungkiri lagi bahwa sosok burung api dalam mitologi Mesir ini sangat banyak memiliki peran dalam kehidupan(?), bahkan hingga kini masih banyak sibol-simbol yang menggunakan wujud dari makhluk ini Phoenix. 
  Banyak para ilmuan yang berpendapat bahwa Mitologi atau apapun yang setara dengan hal tersebut benar-benar tidak dapat sepenuhnya kita abaikan, sebab semua yang ada/tercipta pastilah memiliki tujuan, ya entah itu bertujuan baik atau buruk. 

Foniks (bahasa Yunani: ΦοίνικαςPhoínikas, bahasa Latin: Phoenix, bahasa Belanda: Feniks, bahasa Perancis: Phénix) dalam mitologi Mesir Foniks adalah sejenis burung api legendaris yang keramat. Burung api ini digambarkan memiliki bulu yang sangat indah berwarna merah dan keemasan.
Foniks dikatakan dapat hidup selama 500 atau 1461 tahun. Setelah hidup selama itu, makhluk Foniks ini pun akan membakar dirinya sendiri. Setelah itu, dari sisa abu pembakaran tubuhnyalah muncul Makhluk/burung Foniks muda. Di katakan siklus hidup Foniks seperti itu (regenerasi), bangkit kembali setelah mati, lalu muncul sebagai sosok yang baru.
Foniks merupakan simbol dari keabadian, lambang dari siklus kehidupan setelah mati, dan simbol dari kebangkitan tubuh setelah mati.
Foniks menjadi simbol suci pemujaan terhadap Dewa matahari di Heliopolis, Mesir. Burung Foniks simbol dari "Dewa Matahari - Ra".

  Sosok dari Mitologi Mesir Foniks ini juga memiliki kemiripan dengan berbagai Mitologi yang ada di Cina, Jepang dan Korea, bahkan di duga masih banyak lagi cerita di belahan bumi ini yang memiliki kemiripan dengan sosok makhluk Mitologi ini.

pictures of giantbomb.com (Zhu Que atau Vermilion)
 Burung Zhu Que adalah salah satu dari Empat Simbol dari rasi Cina. Menurut Wu Xing, Tao-unsur lima sistem, mewakili unsur api, arah selatan, musim panas, maka dari itu sosok Burung Zhu Que terkadang di sebut juga dengan sebutan Burung Vermilion Selatan.
 Dalam Mitologi Jepang sosok Suzaku juga memiliki kemiripan dengan Mitologi yang ada di Mesir Foniks  begitu juga di Korea.

 Banyaknya kemiripan yang ada pada Mitos tentang makhluk Mitologi ini  sering menimbulkan kekeliruan yang besar, entah itu dari wujud/penampilan maupun karakter/peranan masing-masing dari makhluk ini. Seperti halnya makhluk yang memiliki julukan Fenghuang dan Vermilion karena kesamaan dalam penampilan, tetapi mereka adalah dua makhluk yang berbeda.
Fenghuang adalah raja dari burung, sementara Vermilion adalah Burung roh mitologi dari konstelasi Cina.

 Sosok burung Suzaku di jepang, merupakan burung yang elegan dan mulia baik dalam penampilan dan perilaku, dengan bulu-bulu dalam berbagai warna dari oranye kemerahan.
Suzaku yang sering dikaitkan dengan mitos Foniks karena asosiasi mereka dengan api.

pictures of archive.thecolorless.net (Suzaku)
Suzaku berasal dari huruf kanji shu = merah tua dan jaku = burung gereja,yang di lambangkan dengan seekor burung Phoenix merah. Suzaku di percaya sebagai makhluk yang menjaga arah selatan ini mewakili musim panas,warna merah dengan element api.
 

pictures of  Bowdler Sharpe (Cendrawasih)
 Mengenai tulisan di atas, kita juga dapat menemukan kesamaan-kesamaan yang ada pada Makhluk Phoenix ini khususnya wujud/rupa yang ada pada hewan yang benar-benar dapat kita lihat dan sentuh, hidup dan bergerak selayaknya apa yang di katagorikan sebagai Makhluk hidup pada umumnya.
Mahkluk ini adalah jenis Unggas/Burung, yaitu Burung Cendrawasih yang dapat ditemukan di Papua, Indonesia. Burung Cendrawasih juga memiliki julukan sebagai bird of paradise atau phoenix bird. Burung ini memang memiliki bentuk dan warna yang unik sekilas mirip dengan hewan mitologi Phoenix. Tentu saja bulu-bulu Cendrawasih bukan dari api seperti Phoenix. Walaupun begitu Cendrawasih adalah burung yang memiliki wujud yang sangat indah. Burung ini dikenal karena bulunya yang sangat panjang dengan warna merah atau kuning yang indah. Betapa beruntungnya kita yang dilahirkan dan hidup di tanah surga ini, INDONESIA .

pictures of  flickriver.com (Cendrawasih)



 Inilah sedikit keterangan dari Phoenix, dan apapun itu semua kembali kepada diri kita masing-masing, semoga apapun yang kita ketahui dalam tulisan ini tidak dapat merubah apapun yang ada pada diri kita.

Salam One Wisdom