STAMBUL

 Stambul Berasal dari turki (istambul) pada masa kekhalifahan ustmaniyah berkuasa di sana ( abad pertengahan hingga awal abad 20). ketika itu memang ada tradisi pembuatan Al Qur'an kecil.
Adapun mengenai mengapa dibuatnya Al Qur'an dengan berukuran kecil ini belum jelas sebabnya. hanya saja pada masa itu perang salib sedang berlangsung. Banyak yang beranggapan bahwa di buatnya Al Qur'an berukuran kecil(Stambul) itu agar terhindar dari penyitaan pihak musuh saat orang-orang Muslim berada di daerah musuh atau jika tertangkap musuh, dapat tetap di baca di dalam penjara tanpa sepengetahuan musuh.
Stambul yang asli bertuliskan tangan dan bukan hasil dari cetakan. umumnya Stambul yang cetakan memiliki warna kekuningan, seolah-olah terbuat dari tinta emas. Contoh asli dapat anda lihat di museum Wali Songo..
Memang ada yang mengaku jika Stambul memiliki energi tertentu, tetapi yang jelas terciptanya Stambul bukan karena semata sebagai pelindung/jimat pada masanya.
Dalam situasi seperti ini, kita hanya dapat menilainya dari sudut pandang masing-masing. (semua kejadian yang ada di dunia dan akhirat atas Izin Allah, Allah Maha Gaib).
Stambul umumnya dijadikan sugesti untuk selalu ingat kepada Allah SWT, tetapi kini sering di salah artikan.