JALANGKUNG

Indonesia

Dalam hal dunia gaib Indonesia sangat kaya akan cerita-cerita mistik, entah itu karena banyaknya Adat Istiadat yang ada dan kaya akan Budaya yang tak lepas dari mistik itu sendiri.
Sering kita mendengar ritual-ritual mengenai pemanggilan Roh, atau jiwa dari orang-orang yang sudah mati. kadangkala semua ini adalah prosesi dari bagian Adat-adat tertentu, namun kini banyak orang-orang yang kurang menghargai kekayaan itu sendiri, baik dari Adat Istiadat Budaya yang kian pudar menjadikan acara-acara seperti ritual ini di salah artikan dan di lakukan untuk niat-niat pelaksananya itu sendiri tanpa memikirkan arti sesungguhnya dari ritual-ritual tersebut.

 Di Indonesia ini sendiri, kini ritual-ritual seperti ini hanya di lakukan pada hari-hari tertentu saja. Munculnya bergai Ajaran-ajaran(AGAMA) membuat acara seperti ini di larang jika di lakukan setiap sa'at, begitu pula yang tertulis di kebanyakan Kitab-Kitab berbagai Agama yang ada di Indonesia. ISLAM contohnya, begitu tegas menerangkan bahwa ritual-ritual seperti ini di haramkan (di larang dengan tegas) bagi pemeluknya.

Sedikit cerita mengenai Jalangkung:
  Jalangkung adalah sebuah ritual yang konon menjadi penghantar antara dunia nyata dengan dunia gaib, melalui media boneka kayu biasanya orang-orang yang mengadakan ritual ini mengajukan beberapa pertanyaan kepada mahluk yang mendiami boneka tersebu.
Sebelumnya ritual ini memiliki persyaratan yang harus di laksanakan, seperti mengucapkan mantera..
" Jalangkung jalangsek,, di sini ada pesta kecil-kecilan,, datang tak di undang pulang tak di antar"
begitulah kira-kira mantera dari ritual ini, sambil memegang boneka yang telah di beri alat tulis di bagian bawah boneka tersebut.
Dengan selembar kertas seolah boneka yang telah di beri mantra tadi mulai menggorskan alat tulis tersebut, apa yang ingin kita ketahui maka boneka ter sebut meberi jawaban dengan cara bergerak tanpa terkontrol oleh orang memegang boneka tersebut, hingga menghasilkan tulisan jawaban dari pertanyaan yang kita ajukan ke mahluk gaib tersebut.
Dari beberapa sumber yang saya ketahuai mengenai ritual jalangkung ini, tidak semua dari ritual ini yang berjalan dengan ke inginan penyelenggara ritual ini sendiri, bahkan ada sebagian orang percaya jika ritual ini di lakukan tanpa persiapan yang matang atau tanpa mengikutsertakan orang pintar (paranormal, orang yang memiliki kekuatan mistik) maka ritual ini akan jadi malapetaka bagi para penyelengagara ritual inin sendiri, bahkan kematian dengan cara tak wajarpun akan menimpa satu persatu peserta ritual ini, jika selamat dari ancaman jalangkung ini kebanyakan dari meraka akan mengalami gangguan jiwa(Gila).
Semoga dari apa yang saya tulis di atas kita dapat mengerti batapa pentingnya kita mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar kiranya kita dapat terjauh dari apa yang di larang oleh Agam.
Sekian dan terimakasih, jika ada kesempatan lagi saya akan melengkapi tulisan mengenai cerita Jalangkung ini.
Semoga kita dapat mengambil hikmahnya.